Program Kerja DKC T&D Ciamis Tahun 2010

All Crew DKC 0907

A. PENDAHULUAN

Tema HUT Pramuka ke-46 Tahun 2009 adalah ”Tingkatkan Peran Gerakan Pramuka dalam Pembentukan Karakter dan Kepemimpinan Bangsa”. Merupakan modal semangat bagi kita anggota Pramuka Penegak dan Pandega. Selain mengemban amanah untuk menyelenggarakan pendidikan kepanduan kepada anak-anak dan pemuda Indonesia. Gerakan Pramuka selalu melakukan pembentukan watak, karakter, mental dan moralitas denga harapan bahwa hail pembinaan tersebut dapat memunculkan kader pemimpin bangsa yang tangguh, dan berakhlak mulia.
Dalam rangka mencapai tujuan pembinaan terhadap generasi muda Indonesia, maka Gerakan Pramuka termasuk Dewan Kerja Cabang menjabarkan tugas untuk mecapai sasaran dalam bentuk program kerja yang terdiri dari atasrancangan kebijakan dan paket-paket kegiatan secara periodik. Pada Sidang Paripurna Cabang DKC Ciamis masa bakti 2009-2014 berupaya menelaah, menganalisa dan menyajikan beberapa hal terkait dengan kebijakan yang akan diambil Dewan Kerja dalam lingkup wilayah Kabupaten Ciamis, dengan hararapan Dewan Kerja Ranting yang berada diwilayah Kabupaten Ciamis menjalankan garis besar kebijakan Dewan Kerja yang dihasilkan Sidparcab 2009.
Pembinaan anggota Pramuka Penegak dan Pandega dicoba dengan peninjauan ulang terhadap sistem pengkaderan anggota Dewan Kerja, karena Dewan Kerja merupakan bagian tidak terpisahkan dari Kwartir yang mengelola kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega. Dewan Kerja diharapkan secar utuh mampu mengelola kegiatan anggota Pramuka Penegak dan Pandega di ujung tombak, yaitu gugus Depan dan Satuan Karya yang kian tahun sebagian besar gema dan gengsi kegiatannya semakin berkurang dan kurang mendapat kesan positif dari kaum muda.
Berbagai saran dan masukan dari rekan-rekan Dewan Kerja Ranting demi mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas Pramuka Penegak dan Pandega di Kabupaten Ciamis menjadi modal dasara dan motivasi bagi kami selaku Dewan kerja Cabang Ciamis untuk lebih bergairah dalam mengabdi dan berusaha semaksimal mungkin untuk merelaisasikan program kerja yang telah disusun melalui Sidang Paripurna Cabang Ciamis yang tetap berdasarkan pada ketepan Muspanitera Cabang Ciamis Tahun 2009.
Dari semua pembahasan diatas, harus kita munculkan profil Pramuka Penegak dan Pandega khusunya wilayah Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis yang sesuai dengan program yang digulirkan oleh Kwartir Nasional yakni tentang Revitaslisasi Gerakan Pramuka dan untuk menunjang Jawa Barat sebagai Provinsi Pramuka.

B. KONDISI SAAT INI

1. Keunggulan
a. Besarnya jumlah Pramuka Penegak dan Pandega yang memiliki latar belakang pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi khususnya yang menjadi Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega.
b. Tersedianya Petunjuk Pelaksanaan (PP) yang berkenaan dengan pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega.
c. Struktur Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja yang menjangkau dari tingkat nasional hingga ke Gugus Depan.
d. Tersedianya sanggar bakti/secretariat bagi Dewan Kerja Cabang dan beberapa Dewan Kerja Ranting.
e. Tersedianya Satuan karya dan Unit Kegiatan sebagai wadah pembinaan keterampilan khusus bagi annggota Pramuka.
f. Adanya represantasi Pramuka Penegak dan Pandega (Dewan Kerja) yang menjadi Pimpinan Satuan Karya dari tingkat Cabang sampai tingkat Nasional.
g. Terwakilinya Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Ciamis di Kepengurusan Dewan Kerja Daerah.

2. Kelemahan
a. Belum terhimpunnya data potensi Pramuka Penegak dan Pandega secara menyeluruh di seluruh Kabupaten Ciamis yang akurat dan sistematis, sehingga mudah terdeteksi.
b. Kurangnya penelitian kebutuhan Pramuka Penegak dan Pandega.
c. Kurang efektifnnya sistem pelaporan, evaluasai, monitorring an supervisi pada tingkat Dewan Kerja Ranting. hal ini dikarenakan masih terdapat DKR yang belum terbentuk dan beberapa DKR dalam proses pembentukan atau bahkan baru dibentuk.
d. Belum optimalnya penggunaan tekhnologi oleh sebagain besar Pramuka Penegak dan Pandega.
e. Belum adanya pembaruan Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega.
f. Sebagai wadah pembinaan generasi muda Dewan Kerja belum berfungsi secara maksimal dan belum mendapatkan pengakuannya oleh masyarakat maupun organisasi kepemudaan lainnya.
g. Sebagian Dewan kerja belum memiliki hubungan yang harmonis dengan Kwartirnya.
h. Lemahnya proses kaderisasi Dewan Kerja pada sebagian besar Kwartir Ranting di Kabupaten Ciamis.
i. Kurangnya kerjasama dengan pihak-pihak lain yang dapat mendukung kegiatan Kepramukaan.
j. Belum efektifnya penggunaan sarana komunikasi di Dewan Kerja sehingga menghambat informasi dan komunikasi antar Dewan kerja.
k. Belum tersosialisasinya kegiatan kepramukaan secara luas kepada Gugus Depan dan masyarakat.
l. Kurangnya pengabdian kepada masyarakat yang dapat dirasakan langsuang oleh masyarakat.

3. Peluang
a. Besarnya dukungan pemerintah terhadap kegiatan Kepramukaan walaupun hal ini belum dirasakan secara merata dan menyeluruh.
b. Semaraknya kegiatan kepemudaan pada saat ini.
c. Timbulnya pemikiran di masyarakat sekarang, bahwa pendidikan non formal dipandang perlu untuk membantu suatu tim atau organisasi yang solid
d. Banyaknya purna Dewan Kerja maupun mantan anggota Pramuka Penegak dan Pandega yang dapat membantu pelaksanaan program Dewan Kerja.
e. Tersedianya alat komunikasi dan informasi modern yang mudah dijangkau oleh sebagai besar Pramuka Penegak dan Pandega.

4. Tantangan
a. Menurunnya minat dan motivasi pemuda usia Pramuka Penegak dan Pandega terutama yang ada di lingkungan pendidikan formal untuk mengikuti kegiatan kepramukaan.
b. Pelaksanaan kegiatan-kegiatan besar terkadang masih dipengaruhi oleh kondisi stabilitas dan kebijakan pemerintahan.
c. Penyalahgunaan perkembangan iptek kearah negatif.
d. Sulitnya sistem birokrasi yang ada di Kwartir dan pemerintahan.
e. Pengaruh kegiatan organisasi lain yang lebih menantang dan menarik.

C. SASARAN POKOK PROGRAM KERJA

1. Keanggotaan
a. Pelaksanaan kegiatan latihan mingguan yang lebih menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan dan tugas remaja dan pemuda.
b. Pelaksanaan kegiatan Latihan gabungan terutama di wilayah-wilayah yang terjangkau oleh Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis.
c. Mengoptimalkan kegiatan yang berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang berkembang pada masa ini.
d. Kegiatan yang dapat menunjang dan memberikan bekal untuk masa depan sehingga diharapkan menjadi pemuda yang mandiri.
e. Memberikan motivasi kepada Pramuka Penegak untuk terus melanjutkan pendidikan kepramukaannya ke tingkat selanjutnya (Penegak Laksana) dan upaya merangsang untuk menjadi Pramuka Garuda.
f. Mengoptimalkan kembali potensi Pramuka Pandega di kampus-kampus dan berupaya untuk meningkatkan anggotanya.
g. Sosialisai PP Kwarnas ataupun issue-issue yang berkembang tentang Pramuka Penegak dan Pandega.
h. Menstimulasi kembali kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega di Satuan karya Pramuka dan Unit Kegiatan.
i. Pengumpulan data potensi Pramuka Penegak dan Pandega Dewan Ambalan, DKR, Dewan Saka, dan Dewan Unit di Kabupaten Ciamis.
j. Mengupayakan pengkoordiniran Kartu Tanda Anggota bagi Pramuka Penegak dan Pandega di Kabupaten Ciamis.

2. Administrasi dan Organisasi
a. Konsolidasi internal Dewan Kerja Cabang Ciamis masa bakti 2009-2014
b. Pembentukan Dewan Kerja Ranting dalam rangka menuntaskan Porgram Kerja Tahun 2009 dan Memotivasi DKR yang telah terbentuk.
c. Menjalin komunikasi yang intens dan dengan Dewan Kerja Ranting, Dewan Ambalan, Dewan Racana, Dewan Saka dan Dewan Unit Kegiatan.
d. Penyebaran format-format SPEM dan format Penilaian DKR Tergiat.
e. Pengumpulan data laporan kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega baik pada Tingkat Dewan Kerja Ranting, SAKA dan Unit Kegiatan.
f. Mengadakan kegiatan pengkaderan bagi organisasi seperti KPDK, LPK, KIM, KMD dan sebagainya.
g. Menjalin kerjasama dengan instansi-instansi lain dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega, terutama dengan organisasi-organisasi kepemudaan atau LSM yang ada di Kabupaten Ciamis.
h. Menyelenggarakan kegiatan bakti yang dapat dirasakan langsuang oleh masyarakat.
i. Pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi untuk efektifitas kegiatan.
j. Promosi dan sosialisasi kegiatan Kepramukaan yang menarik, menantang dan menyenangkan serta modern kepada seluruh remaja.
k. Pelaksanaan evaluasi kegiatan melalui Apel Administrasi yang dilakukan secara berkala, sehingga program pelaksanaan kegiatan Pengembangan dan Pembinaan Pamuka dan Pandega dapat terkendali dan terarahkan lebih efektif dan efisien.

D. URAIAN PROGRAM KERJA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2010

1. Kegiatan Rutin

a) Rapat Pleno DKC Ciamis
Maksud : Mengevaluasi dan merencanakan pelaksanaan program kerja terdekat yang merupakan tugas pokok Dewan Kerja guna menentukan kebijakan dalam rangka pembinaan kedewan kerjaan.
Sasaran : Lancarnya mekanisme kerja serta pelaksanaan progeam kerja yang dilaksanakan oleh DKC Ciamis.
Waktu : 2 bulan sekali
Tempat : Disesuaikan
b) Rapat Pimpinan DKC Ciamis
Maksud : Membahas kebijakan pimpinan dalam rangka penentuan proses pembinaan dan birokrasi kegiatan dan kedewan kerjaan.
Sasaran : Mencari solusi dari permasalahan dan kendala yang dihadapi Kwartir dan Dewan Kerja.
Waktu : Disesuaikan.
Tempat : Disesuaikan
c) Rapat Badan Pengelola Harian DKC Ciamis
Maksud : Mambahas dan menetapkan kebijkan teknis pembinaan tugas harian Dewan Kerja.
Sasaran : Terfasilitasinya kebutuhan – kebutuhan yang menyangkut pembinaan sekretariat dan harian Dewan Kerja.
Waktu : Minimal 2 bulan sekali
Tempat : Disesuaikan
d) Rapat Bidang DKC Ciamis
Maksud : Meyusun Konsep teknis pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan fungsi bidang, menentukan langkah dan strategi pelaksanaan kegiatan serta memberikan usulan kegiatan kepada pimpinan Dewan Kerja.
Sasaran : Menghasilkan konsep – konsep teknis kegiatan yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Pramuka Penegak dan Pandega.
Waktu : Minimal 1 bulan sekali ( sebelum Rapat Pleno)
Tempat : Disesuaikan
e) Rapat Koordinasi dan Komunikasi DKC dengan DKD dan DKR
Maksud : Membahas hal – hal yang berkaitan dengan Pramuka Penegak dan Pandega dan menjalin keserasian silaturahmi antar Dewan Kerja
Sasaran : Terjalinnya kerjasama yang baik dan terkoordinasinya pelaksanaan – pelaksanan kegiatan yang akan dilaksanakan
Waktu : Disesuaikan
Tempat : Disesuaikan
f) Sidang Paripurna Cabang
Maksud : Mengevaluasi pokok-pokok Program Kerja Dewan Kerja Cabang Ciamis dalam kurun waktu tahun 2010
Sasaran : Terciptanya sebuah solusi bijak dalam rancangan program kerja untuk satu tahun yang akan datang.
Waktu : Desember 2010
Tempat : Kwarcab Ciamis

2. Kegiatan Pokok

a) Pembentukan DKR – DKR Se – Kabupaten Ciamis
Maksud : Membentuk pengurus Dewan Kerja Ranting yang belum ada
Sasaran : Terbentuknya susunan pengurus DKR untuk memudahkan kordinasi dan komunikasi
Waktu : Januari-Agustus 2009
Tempat : tersebar
PJ : Yamin Sutarmin

b) Rintisan Pramuka Penegak Laksana
Maksud : Meningkatkan kuantitas dan kualitas Pramuka Penegak.
Sasaran : Terbentuknya seorang Pramuka Penegak yang mempunyai kualitas yang baik
Waktu : Januari-Desember 2010
Tempat : Tersebar
PJ : Yamin Sutarmin

c) Pengkajian Al-Islam & Juklak-Juknis Kepramukaan
Maksud : Menginformasikan Meteri-Materi Dan PP Yang Baru
Sasaran : Meningkatnya Kemampuan Pramuka T & D di Kabupaten Ciamis
Waktu : 2 bulan 1 kali
Tempat : Korwil masing – masing
PJ : Ketua Koorwil

d) Pertemuan Antar Saka
Maksud : Menjalin Tali silaturahmi antar Saka
Sasaran : Meningkatkan peran Saka dalam pengembangan Pramuka T & D di Kabupaten Ciamis
Waktu : 3 bulan 1 kali
Tempat : 1. Kwarran Kawali
2. Kwarran Cipaku
3. Kwarran Banjarsari
4. Kwarran Cijulang
PJ. : Yoga Adhitya

e) Gladi Tangguh Pramuka Penegak
Maksud : Mempraktekan Ilmu medan dan Navigasi darat.
Sasaran : Terkuasainya materi – materi pramuka yang berhungan dengan alam.
Waktu : Februari 2010
Tempat : Bumi Perkemahan Majaprana
PJ : M. Fuad Muttaqin Hasan

f) Pembuatan Perpustakaan Pramuka
Maksud : Mengumpulkan materi – materi tentang kepramukaan
Sasaran : Tersedianya materi – materi tentang kepramukaan untuk dibaca dan dipelajari oleh Pramuka Penegak dan Pandega
Waktu : Maret-April 2010
Tempat : Kwarcab Ciamis
PJ : Heris

g) Sosialisasi MATA CAKAP
Maksud : Mensosialisasikan PP Mata Cakap kepada Dewan Kerja Ranting dan Dewan Ambalan.
Sasaran : Terlaksananya kegiatan Mata Cakap yang sesuai dengan aturan.
Waktu : Juni-Juli 2010 (Awal Tahun Pelajaran Baru)
Tempat : Tersebar disetiap wilayah
PJ : Ketua Koorwil

h) Perkemahan Wirakarya Cabang
Maksud : Penataan Buper Majaprana – Ciamis
Sasaran : Tertatanya kembali Buper yang layak digunakan untuk berkemah
Waktu : Juni / Juli 2010
Tempat : Buper Majaprana
PJ : Irpan Paturohman

i) Apel Administrasi (Pelaporan SPEM)
Maksud : Mengevaluasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan DKR se-Kabupaten Ciamis dan berusaha untuk menghimpun data Potensi Pramuka Penegak dan Pandega yang akurat.
Sasaran : Terkendalinya kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan oleh DKR diseluruh wilayah Kabupaten Ciamis.
Waktu : Agustus 2010
Tempat : Kwarcab Ciamis
PJ : Irpan Paturohman

j) Kuliah Ramadhan & Kursus Tulis Baca Al-Qur’an
Maksud : Mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif & bermanfaat
Sasaran : Meningkatkan keimanan & ketaqwaan Pramuka Penegak dan Pandega
Waktu : Agustus-September (Ramadhan 1431 H)
Tempat : Kwarcab Ciamis
PJ. : Miftah Farid

k) Kursus Pengelola Dewan Kerja Tingkat Cabang
Maksud : Miningkatkan keterampilan dan pengetahuan Kedewan kerjaan
Sasaran : Terciptanya kader – kader Dewan Kerja yang baru
Waktu : Oktober 2010
Tempat : Kwarcab Ciamis
PJ : Agus

l) Penilain DKR Tergiat
Maksud : Memberikan motivasi dan apresiasi terhadap berbagai aktivitas yang dilakukan oleh DKR se- Kab. Ciamis dalam pembinaan dan pengembangan Pramuka T&D.
Sasaran : Terbentuktuknya tatanan Dewan Kerja yang tertib administrasi.
Waktu : Nopember 2010
Tempat : Tersebar
PJ : Yamin Sutarmin

m) Giat Unit Kegiatan
a) Unit Protokol
1. Gladi Tangkas Baris Berbaris Tingkat Jabar Januari 2010 FM
2. Sarasehan Keprotokolan Februari 210
3. Perekrutan/Seleksi Anggota April 2010
4. Pusdiklatsar Anggota Baru Mei 2010
5. Perekrutan/Seleksi Paswal 2010 Juli 2010
6. Pusdiklatsat Paswal baru Agustus 2010
b) Unit SAR
1. Perekrutan/Seleksi Anggota Maret-April 2010
2. Pusdiklatsar Anggota Baru Juni-Juli 2010
3. Pelatihan Pramuka Peduli Nopember 2010

3. Kegiatan Partisipasi

a) Tingkat Daerah
1) Kegiatan Kewirausahaan
2) Perkemahan Antar SAKA
3) Muspanitera Daerah
b) Tingkat Nasional
1) Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) Tingkat Nasional
2) International JOTA-JOTI, Asia Pacific JOTA-JOTI
3) Perkemahan Wira Karya
4) Pekemahan Bakti Nasional Saka Bhayangkara

E. PENUTUP

Demikian Program Kerja Pengembangan Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis Tahun 2010 kami susun dan kami sampaikan, semoga rekan-rekan Pramuka Penegak dan Pandega sekalian dapat berperan aktif dalam menyukseskan program kerja ini dengan penuh pengabdian guna mencapai tujuan kita bersama.
Hanya kepada Allah ’Azza Wajalla kita berserah, semoga segala apa yang telah kita rancang dan programkan senantiasa memperoleh ridlo dan bimbingan Nya. Kita sebagai manusia hanya mapu mebuta rencana dan Allah lah yang Maha menentukan.

Wallahu A’lam Bisshowab..

Salam Bakti Keluarga Besar GALUH SANGGA BHUANA

Ciamis, 19 Desember 2009

Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega
Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis
Ketua,

FDJ. INDRA KURNIAWAN GSB.

One thought on “Program Kerja DKC T&D Ciamis Tahun 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s